Cara Merebus Kentang yang Benar agar Empuk dan Enak

 

Cara Merebus Kentang yang Benar

Memasak kentang dalam air mendidih adalah salah satu langkah awal dalam membuat kentang tumbuk, salad kentang, dan banyak lauk sederhana lainnya. Kami akan menunjukkan cara menyiapkan kentang untuk dimasak dan berapa lama kentang mendidih untuk menghasilkan kentang yang sempurna setiap saat.

Tidak ada yang rumit tentang merebus kentang, tetapi seiring dengan keterampilan memasak dasar, menguasai kentang rebus adalah hal yang baik untuk dimiliki di gudang senjata Anda karena ada begitu banyak peluang untuk menggunakan keterampilan tersebut. Kentang adalah salah satu makanan paling serbaguna dan sangat disukai di luar sana, terutama karena Anda bisa mengubahnya menjadi begitu banyak hidangan lezat. Baik Anda berencana merebus kentang untuk kentang tumbuk atau untuk salad kentang, ada beberapa tip dan trik yang akan memastikan Anda puas dengan hasil akhirnya, tidak peduli bagaimana Anda berencana menggunakan tater Anda. Lihat saran terbaik Test Kitchen kami.

Cara Merebus Kentang di atas Kompor

Cara paling umum untuk merebus kentang adalah di atas kompor dalam sepanci air. Namun, jika Anda ingin kentang yang lebih beraroma, pertimbangkan untuk merebusnya dalam kaldu atau campuran kaldu dan air.

Siapkan Kentang Anda

Mulailah dengan menggosok kentang dengan sikat produk bersih ($ 6, Bed Bath & Beyond) untuk menghilangkan kotoran, lalu bilas. Jika diinginkan, kupas kentang dengan pengupas sayuran ($ 9, Target) atau pisau pengupas, potong dari tangan Anda. Buang semua kecambah dan area hijau dengan ujung alat pengupas kentang.

Ada banyak perdebatan tentang apakah Anda harus mengupas kentang sebelum merebusnya tetapi tidak ada cara yang salah. Meskipun membiarkan kulitnya selama proses perebusan dapat membantu kentang mempertahankan beberapa vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam kulitnya, hal itu tergantung pada preferensi pribadi.

Potong menjadi Potongan yang Lebih Kecil

Potong kentang menjadi empat bagian atau kubus untuk mempercepat waktu memasak. Biarkan kentang kecil baru utuh dan belah dua yang lebih besar. Untuk membuat kentang berbentuk kubus, iris kentang sesuai ketebalan yang diinginkan, lalu tumpuk beberapa irisan dan potong melintang beberapa kali di kedua arah. Tidak peduli seberapa besar Anda memotong kentang, pertahankan ukuran yang sama agar kentang selesai dimasak pada waktu yang sama.

Tes Tip Dapur: Jika Anda melakukan persiapan sebelumnya dan tidak akan memasak untuk beberapa saat, rendam kentang yang sudah dikupas dan dipotong ke dalam air dan simpan di lemari es. Kentang yang dibiarkan pada suhu kamar dan tidak ditutup akan berwarna coklat. Anda bisa menyimpannya di dalam air hingga 24 jam sebelum dimasak.

Tempatkan Kentang dalam Panci Besar

Taruh kentang potong ke dalam panci atau Dutch oven ($ 70, Target). Tambahkan air dingin secukupnya untuk menutupi bagian atas kentang. Tambahkan ½ hingga 1 sendok teh garam ke dalam air. Nyalakan kompor dengan api besar dan biarkan air mendidih. Kecilkan api menjadi sedang rendah atau rendah. Tutupi panci dengan penutup. Masak kentang dalam air mendidih perlahan sampai empuk, sekitar 15 menit untuk Kentang Merah kecil, Kentang Baru atau kentang besar yang dipotong dadu, dan 20 hingga 25 menit untuk kentang potong. Anda dapat menggunakan garpu untuk menguji apakah sudah cukup empuk. Garpu Anda akan mudah meluncur melalui kentang saat dimasak dengan benar.

Tiriskan Kentang

Tuang kentang potong dadu ke dalam saringan ($ 25, Bed Bath & Beyond) atau gunakan sendok berlubang untuk mengeluarkan potongan besar kentang dari air panas dan masukkan ke dalam mangkuk. Jika resep Anda membutuhkan kentang yang sudah didinginkan, masukkan kentang ke dalam air dingin atau rendam dalam penangas es untuk mempercepat proses pendinginan.

Tes Tip Dapur: Anda bisa merebus kentang sebelumnya untuk digunakan nanti selama Anda menutup dan mendinginkannya. Mereka akan bertahan hingga tiga hari di lemari es.

Cara Merebus Kentang dengan Microwave

Jika Anda ingin merebus kentang dengan cepat, coba gunakan microwave Anda. Ini solusi yang bagus untuk sedikit kentang.

  1. Siapkan kentang sesuai petunjuk di atas.
  2. Tempatkan kentang yang sudah dipotong di dalam mangkuk khusus microwave. 
  3. Tambahkan air secukupnya untuk menutupi kentang dan sedikit garam. 
  4. Tutupi mangkuk dengan bungkus plastik, buat lubang di bungkusnya untuk melampiaskan.
  5. Panaskan dalam microwave selama 5 menit. Menggerakkan; tutup kembali dengan bungkus plastik dan masak selama 5 menit lagi atau sampai empuk.
  6. Tiriskan di saringan.

Cara Merebus Kentang dengan Slow Cooker

Untuk solusi terbaik yang mudah, gunakan slow cooker Anda untuk merebus kentang. Sangat cocok untuk saat Anda ingin dapat memasak hidangan lain yang membutuhkan kompor. Slow cooker Anda sebenarnya tidak “merebus” cairannya, tetapi efeknya sama, dan jika Anda berencana menggunakan kentang yang sudah dimasak untuk kentang tumbuk, Anda bisa menumbuk dan bahkan menyajikannya langsung dari slow cooker Anda.

  1. Masukkan kentang yang sudah dipotong ke dalam slow cooker Anda. Tambahkan secangkir cairan masak seperti air atau kaldu. Sebagian besar cairan akan matang atau diserap oleh kentang selama proses memasak, sehingga tidak perlu dikeringkan.
  2. Tutup dan masak dengan api kecil selama 6 sampai 8 jam atau sampai empuk.

Cara Penyajian Kentang Rebus

Ada banyak cara untuk menggunakan kentang yang sudah dimasak. Siapkan Salad Kentang Klasik untuk hidangan seadanya atau panggangan keluarga atau coba Kentang Goreng Hancur kami yang populer, yang merupakan kentang tumbuk pedesaan dengan kulitnya. Jika kentang tumbuk adalah favorit Anda, Anda tidak bisa salah dengan Kentang Tumbuk Klasik kami, tetapi untuk sentuhan lezat pada kentang tumbuk tradisional, cobalah Kentang Tumbuk Gruyere-Bawang Putih kami. Dan, untuk cara yang mewah dalam menyajikan kentang tumbuk, cobalah Kentang Duchess ini.

Apa Kentang Terbaik untuk Direbus?

Karena kandungan pati dalam kentang berbeda dari satu jenis ke jenis lainnya, beberapa lebih baik untuk direbus daripada yang lain tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk dibuat dengannya. Jumlah pati dalam kentang dapat memengaruhi teksturnya, jadi gunakan jenis kentang yang tepat untuk hidangan yang Anda buat.

  • Kentang bertepung tinggi: Kentang seperti Russet atau Idaho, memiliki tekstur yang ringan dan bertepung. Setelah direbus, mereka ideal untuk dihaluskan.
  • Kentang dengan pati sedang: Varietas seperti Yellow Finn dan Yukon Gold, mengandung lebih banyak kelembapan sehingga tidak mudah hancur seperti umbi dengan pati tinggi. Mereka bekerja dengan baik untuk menumbuk, menambahkan sup atau casserole, dan disajikan sebagai lauk. Mereka juga bisa digunakan untuk salad kentang.
  • Kentang Rendah Pati: Kentang seperti Kentang Bulat Merah, Kentang Putih Bulat, dan Kentang Baru, sering disebut kentang lilin. Mereka menahan bentuknya lebih baik daripada kentang lainnya saat direbus, membuatnya sempurna untuk salad kentang atau diaduk dengan mentega bumbu sebagai lauk.

Tip Tes Dapur: Banyak orang suka mengganti kentang manis dengan kentang standar dalam resep favorit mereka. Pelajari cara terbaik merebus ubi jalar untuk menukar.

Cara Membeli Kentang yang Baik & Menjaga agar Tidak Membusuk

Salah satu hal yang membuat kentang menjadi makanan yang populer adalah harganya yang relatif murah dan tersedia sepanjang tahun. Saat Anda memilih kentang di toko, cari kentang bersih dengan kulit halus dan tidak bercacat. Mereka harus tegas dan memiliki bentuk yang khas untuk varietasnya. Hindari kentang dengan bintik-bintik hijau atau yang lunak, berjamur, atau layu.

Simpan kentang di tempat gelap, dingin, dan berventilasi baik hingga beberapa minggu. Jangan simpan di lemari es.


Belum ada Komentar untuk "Cara Merebus Kentang yang Benar agar Empuk dan Enak "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel