Resep Cara Mengolah Daging Kambing untuk Sate



Apa jenis makanan sate itu?

Sate adalah hidangan Asia Tenggara dengan potongan kecil daging, dilapisi saus pedas manis. Dagingnya disajikan dengan tusuk sate bersama saus celup, dan bisa dinikmati sebagai makanan pembuka atau sebagai bagian dari olesan yang lebih besar. Anda akan sering menemukan tusuk sate yang dimasak di atas panggangan besar di jalanan di negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia atau Thailand.

Resep saus sate berubah sedikit tergantung di belahan dunia mana Anda memakannya. Misalnya dalam versi Malaysia di bawah ini, sausnya menggunakan kacang utuh dan memiliki rasa asam manis yang tajam. Sementara itu, saus sate Thailand lebih sering dibumbui dengan kelapa dan memiliki saus kacang yang lebih lembut dan encer.

Untuk apa sambal sate digunakan?

Kuah sate kacangnya yang khas dapat digunakan dengan beberapa jenis daging yang berbeda. Resep di bawah ini menggunakan daging kambing, tetapi Anda bisa dengan mudah menyajikan tusuk sate ayam, atau daging domba yang dipotong dadu. Atau pilih hidangan vegetarian, dan sajikan saus sate dengan sayuran hijau dan mi. Anda juga bisa menyajikan saus kacang yang lembut untuk mendandani salad sayuran rebus ala gado-gado Indonesia, kentang rebus, tahu goreng, dan telur rebus lembut.

Resep ini adalah ekstrak dari buku masak pertama Shu Han Lee, Chicken and Rice. Baca lebih lanjut tentang masakan Asia Tenggara dengan Shu di sini.

"Tusuk sate lezat dari daging yang direndam bumbu ini ditemukan di banyak budaya Asia Tenggara, tapi saya menyukai sate gaya Melayu yang saya gunakan saat tumbuh dewasa. Bau asap dan bumbu sate akan segera membawa saya kembali ke Minggu sore, ketika lingkungan Satay Man akan datang berkeliling menggembar-gemborkan dagangannya secara ilegal.

"Saya dan saudara perempuan saya akan menunggu dengan tidak sabar untuk membunyikan klakson, dan kemudian berlari ke dapur kelilingnya yang digerakkan oleh sepeda motor di 'toot toot' pertama! Kami membawa piring dan mangkuk kami sendiri, dan dia akan menumpuk tinggi piring itu dengan tongkat yang baru dipanggang. sate, lontong dan ketimun, dan isi mangkuk kami dengan saus kacang buatan sendiri.

"Bumbu kacangnya adalah salah satu aspek yang paling berbeda dan penting dari sate Melayu - kaya, tebal, dan aromatik dengan kacang yang baru dipanggang dan, tidak seperti saus kacang sate Thailand, dibumbui dengan asam jawa dan bukan kelapa."

Resep Cara Mengolah Daging Kambing untuk Sate 

Untuk tusuk sate :

  • 300g bahu kambing tanpa tulang (Anda juga dapat menggunakan bahu domba, steak sapi, atau paha ayam.

Untuk bumbu rendaman :

  • 10 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 batang serai, bagian putihnya saja, memarkan
  • 2 potong lengkuas
  • 2 sendok makan ketumbar tumbuk
  • 1 sendok makan jintan bubuk
  • 1⁄2 sendok teh kunyit
  • 1 sendok teh garam laut
  • 2 sendok teh kecap asin
  • 120g gula tebu mentah
  • 3 sendok makan minyak kacang tanah

Untuk bumbu kacangnya :

  • 1 sendok makan bubur asam jawa
  • 200g kacang panggang tanpa kulit
  • 4 buah cabai merah kering, sisa bumbu yang direndam
  • 3 sendok makan minyak kacang tanah
  • 1 sendok makan gula merah muda mentah, atau garam laut secukupnya, sebagai perasa

Untuk penyajian :

  • Irisan mentimun cincang kasar
  • Bawang merah cincang kasar

Cara membuat sate kambing

  1. Potong daging kambing menjadi potongan-potongan sepanjang 2,5 cm dengan tebal sekitar 2 cm, atau minta tukang daging Anda melakukannya untuk Anda. Haluskan atau tumbuk bahan-bahan bumbu untuk menghasilkan pasta yang halus. Masukkan daging ke dalam bumbu dan biarkan semalaman. Rendam juga tusuk sate dalam air semalaman agar tidak gosong nantinya.
  2. Keesokan harinya, masukkan potongan daging kambing ke tusuk sate, sisakan bumbunya.
  3. Buat saus kacangnya sebelum Anda memanggang daging, atau jika Anda punya antek untuk membantu Anda, Anda bisa membuat keduanya sekaligus. Rendam asam jawa dalam 250ml air panas selama 15 menit, sampai lunak. Pijat dan peras untuk mengeluarkan cairan dari ampasnya, lalu saring dan buang ampasnya. Tempatkan setengah kacang di food processor dan tekan kasar. Menyisihkan. Giling halus sisa kacang - kacang tanah ini membantu mengentalkan saus. Menyisihkan.
  4. Haluskan cabai yang sudah direndam dengan bumbu yang sudah disiapkan untuk membuat pasta rempah rempah. Goreng pasta dalam minyak kacang tanah secara perlahan dengan api sedang kecil hingga harum. Tuangkan pasta asam jawa encer, bersama dengan tanah dan kacang cincang, dan didihkan selama 30 menit. Bumbui dengan gula dan garam, lalu kecilkan dengan cara direbus, atau encerkan dengan air sesuai kebutuhan. Sausnya harus berwarna keemasan tua dan memiliki konsistensi yang kaya, tetapi dapat dituang.
  5. Jika sudah siap untuk memasak, nyalakan barbekyu Anda, atau panaskan oven hingga 190 ° C / gas 5. Panggang tusuk sate kambing di atas api tidak langsung sampai hampir matang, sekitar 4 menit setiap sisinya, lalu pindahkan ke api besar dan panggang selama sekitar 1 menit di setiap sisi, atau sampai berwarna cokelat keemasan dan hangus. Cara lainnya, masak dalam oven selama 15 menit, kemudian ubah pengaturan oven ke 'grill' dan panggang sampai sedikit hangus, balikkan tusuk sate di tengah jalan.
  6. Sajikan langsung sate, dengan banyak bumbu kacang dan irisan ketimun serta bawang merah.

Belum ada Komentar untuk "Resep Cara Mengolah Daging Kambing untuk Sate "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel